Teknologi, Komputer, Internet

Tuesday, October 21, 2014

Jenis-jenis Komputer

Jenis-jenis Komputer

Komputer adalah salah satu barang elektronik yang paling banyak digunakan. Komputer juga selalu berkembang dari masa ke masa sesuai dengan perkembangan teknologi saat itu dan juga berdasarkan kebutuhan. Dalam perkembangannya, muncul berbagai jenis-jenis komputer yang memiliki fungsi, bentuk, dan ukuran yang berbeda. Pada dasarnya, jenis-jenis komputer dapat dibedakan menjadi Super Computer, Mainframe Computer, Mini Computer dan Micro Computer. Penjelasan lebih mendalam mengenai jenis-jenis komputer di atas akan dibahas di bawah ini:
  •     Super Computer

Jenis-jenis Komputer - Super ComputerSuper Computer adalah komputer yang memiliki kemampuan perhitungan logika dan matematis yang sangat cepat dan kuat. Kecepatan sebuah Super Computer dinyatakan dalam Floating Point Operatios Per Second atau disingkat menjadi FLOPS. Biasanya Super Computer dibuat untuk kebutuhan ilmu pengetahuan seperti ramalan cuaca, perhitungan dengan angka yang luar biasa banyak, penjelajahan angkasa dan kegiatan-kegiatan lain yang membutuhkan perhitungan tinggi.
  •     Mainframe Computer

Jenis-jenis Komputer - Mainframe ComputerMainframe Computer adalah komputer berskala besar seperti Super Computer, tetapi tidak sebesar Super Computer tentunya. Mainframe Computer berfungsi untuk mengatur banyak komputer lain yang saling terhubung. Mainframe Computer biasanya digunakan perusahaan-perusahaan berskala besar, organisasi atau pemerintah.






  •     Mini Computer

Jenis-jenis Komputer - Mini ComputerMini Computer disebut juga Midrange Computer. Disebut seperti itu karena Mini Computer berada di posisi pertengahan Mainframe Computer dan Micro Computer. Makudnya Mini Computer ini adalah Mainframe Computer terkecil tetapi juga Micro Computer terbesar.






  •     Micro Computer

Jenis-jenis Komputer - Micro ComputerYang dimaksud dengan Micro Computer adalah komputer yang biasa kita gunakan sehari-hari. Contoh dari Micro Computer adalah PC, Laptop, Smartphone, dan sebagainya.








Itulah pembahasan mengenai empat jenis-jenis komputer yang utama. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi para pembaca semua. Terima kasih.

0 comments:

Post a Comment

Contact Form RzKlik

Name

Email *

Message *

Recent Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive