Teknologi, Komputer, Internet

Monday, October 20, 2014

Macam-macam Perangkat Input Komputer

Perangkat Input Komputer

Perangkat Input Komputer

Perangkat keras atau hardware yang membangun sebuah komputer menjadi satu kesatuan mesin yang dapat bekerja dapat dibedakan menjadi dua, yaitu perangkat input dan perangkat output. Perangkat input adalah perangkat yang bekerja untuk memasukkan data ke dalam komputer. Perangkat input komputer juga selalu berkembang dari masa ke masa. Apa saja yang termasuk perangkat input komputer? Hal tersebut akan dibahas dalam artikel yang berjudul Macam-macam Perangkat Input Komputer ini. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Macam-macam Perangkat Input Komputer

  •   Keyboard

Salah satu perangkat input yang digunakan di hampir, atau bahkan mungkin semua komputer adalah keyboard. Keyboard berfungsi untuk memasukkan data berupa simbol huruf dan angka, dan juga simbol-simbol lainnya. Saat ini sudah banyak sekali jenis keyboard yang beredar. Ada keyboard yang menggunakan kabel, ada pula yang wireless atau nirkabel. Ada juga keyboard mekanik yang berharga jauh lebih mahal dari keyboard konvensional, dan ada pula keyboard yang di desain khusus untuk para gamer.
  • Pointing Devices

Pointing Devices adalah segala macam perangkat yang berfungsi untuk menunjuk sesuatu di monitor mewakili tangan kita. Contoh pointing devices yang digunakan di semua komputer adalah mouse. Seperti yang kita tahu, mouse berfungsi untuk memilih atau mengklik sesuatu di komputer menggantikan tangan kita.
  • Composite Devices

Composite Devices merujuk pada perangkat yang memiliki 2 atau lebih bentuk input. Contoh dari composite devices adalah gamepad yang digunakan untuk berrmain game.
  • Imaging devices

Imaging devices adalah perangkat yang dapat memasukkan data berupa gambar atau video ke dalam komputer. Contoh Imaging devices adalah webcam, camera, scanner, dan masih banyak lagi.
  • Audio Devices

Jika imaging devices mengirimkan gambar berupa gambar, audio devices mengirimkan data berupa suara. Contohnya adalah microphone. Ada juga alat yang dapat mengirimkan data berupa gambar dan suara seperti video recorder.

Itulah macam-macam perangkat input komputer yang dapat saya bahas kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi yang membaca.

0 comments:

Post a Comment

Contact Form RzKlik

Name

Email *

Message *

Recent Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive