Teknologi, Komputer, Internet

Sunday, October 19, 2014

Perangkat Output Komputer


Perangkat Output Komputer
Setelah sebelumnya saya membahas tentang perangkat input komputer. Kali ini giliran pasangannya, yaitu perangkat output komputer yang menjadi korban pembahasan artikel saya. Perangkat output komputer adalah perangkat yang bekerja untuk menampilkan atau mengeluarkan data yang telah diproses oleh komputer baik dalam bentuk digital maupun fisik. Perangkat output komputer memiliki beragam jenis, sesuai dengan fungsinya masing-masing. Beberapa jenis perangkat output komputer akan dibahas dalam tulisan di bawah ini.

Macam-macam Perangkat Output Komputer

  •     Monitor
Monitor adalah salah satu perangkat output komputer yang fungsinya sangat esensial. Monitor berfungsi untuk menampilkan data dalam komputer dalam bentuk gambar. Tanpa monitor, akan sangat sulit bagi kita untuk menavigasi komputer. Monitor memiliki beragam jenis sesuai dengan zamannya. Dahulu monitor menggunakan teknologi CRT (Cathode Ray Tube) yang berbentuk besar dan cembung. Namun sekarang monitor sudah lebih modern, menggunakan teknologi lcd dan led, sehingga monitor menjadi tipis dan juga hemat daya, serta memiliki gambar yang lebih jernih.
  •     Speaker
Speaker berfungsi untuk mengeluarkan data berupa suara. Fungsi dari speaker ini tidak sepenting fungsi dari monitor, karena kita dapat menjalankan komputer tanpa masalah besar walaupun kita tidak menggunakan speaker. Speaker biasanya digunakan untuk mendengarkan musik, suara dari film, ataupun game.
  •     Printer
Printer dapat mencetak data yang kita buat dalam selembar kertas ataupun media lainnya. Printer biasanya menggunakan tinta untuk mencetak atau laser. Saat ini bahkan sudah ada printer yang dapat mencetak barang secara tiga dimensi. Ada pula printer yang dikhususkan untuk mencetak di atas kain yang biasanya digunakan untuk sablon pakaian.

Tiga perangkat output komputer di atas adalah perangkat yang biasa terdapat dalam seperangkat komputer. Itu saja pembahasan untuk kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 comments:

Post a Comment

Contact Form RzKlik

Name

Email *

Message *

Recent Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive