Teknologi, Komputer, Internet

Tuesday, September 23, 2014

Manfaat Internet bagi Masyarakat dalam Berbagai Bidang

Manfaat Internet bagi Masyarakat dalam Berbagai Bidang

Assalamualaykum Wr.Wb.


    Kehidupan masyarakat saat ini tidak dapat terlepas dari Internet. Dari rakyat kecil sampai pengusaha dan pemerintah kita menggunakan internet. Dari urusan yang sangat sepele hingga urusan kenegaraan seperti pemilu memanfaatkan internet. Namun, banyak pula orang yang memanfaatkan internet untuk melakukan hal yang tidak baik. Seperti pornografi, mencela orang, menipu, bertransaksi barang-barang terlarang, prostitusi, dll. Semuanya kembali lagi kepada pengguna internet itu sendiri, apakah kita bisa memanfaatkannya untuk kebaikan atau malah membuat kita terjerumus kepada hal yang tidak baik. Tapi, terlepas dari itu semua, tidak dapat dipungkiri bahwa internet membawa banyak manfaat bagi penggunanya. Artikel kali ini akan membahas tentang manfaat jaringan internet bagi masyarakat dalam berbagai bidang. Langsung saja simak artikel di bawah ini:


•    Manfaat internet dalam bidang pendidikan

    Mahasiswa tidak akan bisa lulus kuliah tanpa internet :D (lol). Hal itu dapat menggambarkan pentingnya internet bagi pendidikan. Saya sebagai mahasiswa sangat merasa terbantu oleh internet, karena bahan kuliah dapat ditemukan dengan mudah di internet, tapi jangan plagiat ya. Selain itu, sekarang pendaftaran sekolah banyak yang menggunakan internet, namun sayang, masih banyak orang tua yang tidak mengerti, mungkin karena kurangnya sosialisasi. Di kampus-kampus di Indonesia, pendaftaran mata kuliah sudah banyak yang menggunakan internet.


•    Manfaat internet dalam bidang ekonomi

    Internet juga sangat berpengaruh dalam bidang ekonomi. Lihat saja, kini banyak sekali website yang menyediakan jasa untuk mempromosikan barang dagangan seperti ol*.com atau berni*ga.com. Sekarang juga banyak para pengusaha yang memasarkan barang dagangannya lewat internet dan banyak pula yang bisa menghidupi dirinya lewat internet. Selain itu, dunia perbankan juga memanfaatkan internet dengan fasilitas internet banking, sekarang kita tak perlu ke ATM atau Bank untuk transfer atau sekedar cek saldo, cukup dengan menggunakan handphone yang memiliki jaringan internet, kita sudah bisa mengakses internet banking.


•    Manfaat internet dalam bidang sosial

    Entah ada berapa banyak jejaring sosial yang ada di internet saat ini. Seorang pengguna smartphone biasanya menginstall banyak sekali aplikasi jejaring sosial di handheldnya, seperti facebook, twitter, instagram, path, line, BBM, Whatsapp, dll. Entahlah pusing, saya sendiri hanya pengguna FB dan WA, sedikit BBM. Yang pasti dengan adanya internet kita jadi lebih mudah berkomunikasi dengan orang yang berjarak jauh dengan kita, tapi jangan sampai kita menjadi jauh dengan orang yang berjarak dekat dengan kita

Yah, itulah manfaat internet bagi masyarakat dalam berbagai bidang yang saya sendiri rasakan. Mudah-mudahan kita semua bisa lebih bijak lagi menggunakan internet. Wassalam.

0 comments:

Post a Comment

Contact Form RzKlik

Name

Email *

Message *

Recent Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive