Teknologi, Komputer, Internet

Tuesday, September 23, 2014

Pengertian Power Supply Komputer (PSU) dan Fungsinya

Pengertian Power Supply Komputer (PSU) dan Fungsinya
Assalamualaykum Wr.Wb.

      Kali ini ane mau bahas sedikit tentang PSU atau power supply unit pada komputer. Tanpa alat ini komputer kalian semua gk bakal nyala sama sekali, karena alat ini adalah satu bagian dari komputer yang memiliki fungsi untuk menyalurkan daya listrik ke komponen-komponen komputer. PSU mengubah aliran AC (alternating current) dari listrik rumah kamu menjadi aliran DC (direct current) untuk kebutuhan komputer, karena itu PSU juga biasa disebut Switching Power Supply karena dapat merubah (switch) aliran AC menjadi DC. PSU biasanya berbentuk kubus dengan banyak kabel mengurai dari salah satu sisinya.
  
    Perlu diperhatikan, bahwa sangatlah penting untuk memilih PSU yang baik untuk menjaga agar komputer tahan lama. Karena, PSU yang jelek biasanya mengalirkan arus listrik yang tidak stabil atau mungkin bahkan daya yang diberikan oleh PSU kepada komputer kurang sehingga komputer tidak dapat menyala, apalagi jika komputer anda menggunakan VGA yang membutuhkan daya besar, sehingga pada akhirnya dapat merusak komponen komputer karena aliran listrik yang buruk.

    Daya yang dihasilkan oleh PSU berbeda-beda, antara 200an-1000an watt. Penjelasan mengenai daya yang dapat dihasilkan dari sebuah PSU biasanya tercantum dalam spesifikasi PSU itu sendiri. Namun pada brand murahan, biasanya spesifikasi yang diperlihatkan pada label PSU adalah jebakan. Contohnya, jika dituliskan 400 watt biasanya daya yang dihasilkan rata-rata tidak sampai 200 watt. Karena itu, belilah PSU yang bermerk baik, karena PSU bermerk sudah melewati quality control.

Demikian penjelasan mengenai pengertian dari power supply dan fungsinya. Mudah-mudahan bermanfaat.
Wassalamualaykum Wr.Wb.

0 comments:

Post a Comment

Contact Form RzKlik

Name

Email *

Message *

Recent Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive