Teknologi, Komputer, Internet

Tuesday, September 23, 2014

Pengertian dan Perbedaan Software dan Hardware

Pengertian dan Perbedaan Software dan Hardware
Assalamualaykum Wr.Wb
   
     Secara garis besar, komputer terdiri dari dua bagian, yaitu software dan hardware. Software atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan perangkat lunak merujuk kepada bagian dari komputer yang tidak memiliki wujud fisik dalam artian tidak dapat disentuh secara langsung. Sedangkan hardware atau perangkat keras merupakan segala bagian fisik dari komputer yang dapat disentuh secara langsung oleh manusia seperti harddisk, motherboard, processor, ram, psu, dan sebagainya.

    Software bekerja dengan memanfaatkan hardware pada komputer. Kedua-duanya saling membutuhkan satu sama lain software tidak akan bekerja tanpa hardware dan hardware tidak lebih dari lempengan metal yang tidak berguna tanpa software.

    Software terdiri atas nilai binary yang merupakan bahasa mesin. Nilai binary yang terdiri dari 0 dan 1 ini menentukan kerja dan fungsi dari software. Namun dalam pengembangan software yang digunakan adalah bahasa program yang lebih mudah dimengerti manusia. Tetapi pada akhirnya bahasa program ini kemudian dirubah menjadi bahasa binary. Sedangkan hardware terdiri atas rangkaian arsitektur elektronik yang berbeda sesuai dengan fungsi dari setiap perangkat.

Demikian sedikit penjelasan mengenai pengertian dan perbedaan software dan hardware. 
wassalamualaykum Wr.Wb.

0 comments:

Post a Comment

Contact Form RzKlik

Name

Email *

Message *

Recent Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive