Teknologi, Komputer, Internet

Tuesday, September 23, 2014

Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia

Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia


     Masih ingat nomor 0809-8-9999? Ya nomor tersebut adalah nomor dial-up telkomnet instant yang banyak sekali iklannya di televisi indonesia pada tahun 2000an. Nomor tersebut sekarang sudah menjadi bagian dari sejarah perkembangan internet di Indonesia. Saya sendiri pun sempat mencicipi telkomnet instant. Pada saat itu internet hanya bisa disambungkan melalui kabel telepon menggunakan kabel RJ-45, kecepatannya sangat berbeda dibandingkan sekarang. Teman-teman pasti suka kesal kalau internet lemot, memakan waktu beberapa detik untuk memuat satu halaman, dulu hal ini adalah hal biasa.

        Internet sudah banyak digunakan pada tahun 1990an di Amerika dan Eropa. Di Indonesia internet baru banyak dikenal pada pertengahan 1990an.  Namun, sebenarnya sejarah internet di Indonesia sudah dimulai pada tahun-tahun sebelumnya pun sudah ada yang menggunakan internet di Indonesia, hanya saja jumlahnya masih sangat sedikit. Pada tahun 1988, CIX, perusahaan asal Inggris, menawarkan kerja sama dalam bidang internet kepada Indonesia. CIX menawarkan  jasa e-mail, newsgroup, akses http dan ftp. Pada saat itu jaringan internet berharga sangat mahal dan juga jauh lebih lambat dibandingkan sekarang.

     Berdasarkan catatan whois, website yang menyediakan informasi mengenai IP internet, tercatat IP pertama dari Indonesia yang terdaftar adalah UI-NETLAB (192.41.206.24). IP tersebut adalah IP yang didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. Sedangkan ISP (Internet Service Provider) komersil pertama yang ada di Indonesia adalah IndoNet. IndoNet mulai beroperasi pada tahun 1994 dan pada saat itu dipimpin oleh Sanjaya.

Itulah sedikit penjelasan singkat mengenai sejarah perkembangan Internet di Indonesia. Mudah-mudahan bermanfaat.

Wassalamualaykum Wr.Wb.

0 comments:

Post a Comment

Contact Form RzKlik

Name

Email *

Message *

Recent Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive