Teknologi, Komputer, Internet

Tuesday, September 23, 2014

Sejarah Perkembangan Komputer dari Generasi ke Generasi

Sejarah Perkembangan Komputer dari Generasi ke Generasi
Assalamualaykum Wr. Wb.


    Komputer memiliki sejarah yang panjang dan telah berkembang amat pesat dari sejak awal penemuannya. Banyak ilmuwan dan peneliti setuju untuk mengelompokkan sejarah perkembangan computer modern ke dalam beberapa generasi. Di bawa ini adalah penjelasan sejarah perkembangan computer dari generasi ke generasi.

•    Generasi Pertama (1936-1946)
     Masa ini adalah waktu terjadinya perang dunia kedua, maka latar belakang pengembangan computer pada masa ini adalah untuk keperluan perang. Negara-negara besar yang terlibat perang dunia kedua seperti Amerika, Russia dan Jerman saling bersaing untuk mengembangkan computer. Pada tahun  1936, Konrad Zuse, seorang insinyur asal Jerman berhasil membuat computer pertama yang dapat deprogram secara bebas yang diberi nama Z1 Computer. Penemuannya ini kemudian dikembangkan hingga Z3 untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

     Inggris dan Amerika pun tak mau kalah. Pada tahun 1943, inggris membuat sebuah computer yang diberi nama colossus. Computer ini berfungsi untuk memecahkan kode rahasia. Amerika juga membuat sebuah computer yang diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer). Computer ini memiliki 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor dan 5 juta titik solder dengan berat sekitar 30 ton.

•    Generasi Kedua (1947-1962)
     “The transistor”, ini bukanlah nama sebuah computer, tapi penemuan transistor sangat berperan penting dalam perkembangan alat-alat elektronik termasuk komputer. Alat ini menggantikan fungsi tabung vakum dengan ukuran yang jauh lebih kecil. Pada tahun 1951, computer untuk keperluan komersial pertama kali diperkenalkan ke public, computer itu deberi nama UNIVAC 1 (Universal Automatic Computer). Pada tahun 1953, The International Business Machine (IBM) menandai keseriusan mereka di bidang computer dengan meluncurkan 2 seri computer, IBM 650 dan 700. Pada masa ini computer sudah memiliki operating system dan media penyimpanan.

•    Generasi Ketiga (1963-sekarang)
    Penemuan “the integrated chip” atau yang biasa disebut IC menandai dimulainya masa computer modern seperti sekarang. IC menggantikan fungsi transistor yang dirasa menghasilkan panas yang cukup besar sehingga dapat merusak bagian-bagian lain dari computer. Dengan ditemukannya IC computer menjadi lebih kecil, cepat, berkemampuan dan dapat menjalankan lebih dari satu program sekaligus. Pada tahun 1980 Microsoft menciptakan OS DOS (Disk Operating system dan setahun kemudian IBM memperkenalkan PC (personal computer) untuk pengguna rumahan dan kantor. 3 tahun kemudian Apple menciptakan Macintosh computer dan pada tahun 1990an OS windows diperkenalkan dan digunakan hingga sekarang.

Itulah sejarah perkembangan computer dari generasi ke generasi. Semoga tulisan tersebut bermanfaat untuk pembaca dan juga penulis.
Wassalamualaykum Wr. Wb.

0 comments:

Post a Comment

Contact Form RzKlik

Name

Email *

Message *

Recent Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive