Teknologi, Komputer, Internet

Tuesday, September 23, 2014

Sejarah Singkat Komputer Pc Menurut Berbagai Sumber

Sejarah Singkat Komputer Pc Menurut Berbagai Sumber
Assalamualaykum Wr.Wb.
 
   Sejarah merupakan bagian penting dari setiap ilmu atau bidang yang kita tekuni. Demikian pula halnya dengan komputer. Penting bagi kita untuk mengetahui sejarah perkembangan komputer, selain sebagai ilmu pengetahuan, mempelajari sejarah komputer juga dapat membuat kita lebih menghargai orang-orang yang berjasa mengembangkan komputer dari hanya sebagai mesin hitung hingga menjadi multifungsi dan sangat vital fungsinya bagi kehidupan saat ini.

    Seperti yang telah disebutkan dalam postingan sebelumnya, pada mulanya komputer hanyalah alat untuk melakukan perhitungan matematis. Merujuk pada hal ini, ilmuwan menyimpulkan bahwa segala alat hitung termasuk kedalam komputer yang berarti, komputer pertama di dunia adalah sama dengan alat hitung pertama di dunia, yaitu abakus atau sempoa. Alat ini ditemukan 5000 tahun yang lalu di zaman babilonia kuno. Dinamai abacus (Yunani: ABACOS), yang berarti menghapus debu, karena alat ini terbuat dari kayu yang di atasnya ditaburi pasir sehingga orang bisa menggunakannya untuk menulis atau menghitung.

    Sedangkan komputer atau alat hitung mekanik pertama ditemukan pada tahun 1642 oleh Blaise Pascal. Alat ini dikenal dengan nama pascal’s calculator, sesuai nama penemunya, alat ini juga dikenal dengan nama pascaline. Pascal menciptakan alat ini dengan tujuan utama untuk meringankan beban ayahnya yang merupakan seorang pekerja pajak saat itu. Alat ini dapat menjumlahkan sampai dengan 9 digit angka.
    Itulah sedikit mengenai sejarah kuno computer. Postingan berikutnya akan membahas perkembangan computer modern dari generasi ke generasi.

Wassalamualaykum Wr.Wb.

0 comments:

Post a Comment

Contact Form RzKlik

Name

Email *

Message *

Recent Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive