Teknologi, Komputer, Internet

Sunday, October 19, 2014

Cara Merawat Komputer

Komputer juga seperti manusia, jika tubuh dan mentalnya tidak dijaga, dia akan sakit atau mungkin mati. Jadi kita harus merawat komputer kita dengan baik agar komputer kita awet dan dapat selalu bekerja dengan baik. Berikut ini saya beritahu beberapa tips cara merawat komputer agar awet.

Cara Merawat Komputer Agar Awet


•    Bersihkan Komponen Komputer

Bersihkan komponen hardware komputer anda dari debu dan benda-benda asing lainnya yang tak diinginkan secara berkala. Bersihkan secara lembut menggunakan kuas kecil, tissue atau kain kering. Jangan lupa cek buku manual dari komponen anda, didalamnya mungkin tersedia informasi mengenai perawatan atau mungkin terdapat larangan dalam proses perawatan. Jadi, jangan malas membaca buku manual anda.

•    Gunakan aplikasi pengaman

Yang saya maksud dengan aplikasi pengaman di sini adalah aplikasi yang mengamankan komputer anda dari serangan berbagai maca malware atau virus. Gunakan satu antivirus yang paling anda sukai. Semua antivirus menurut saya baik jika kita selalu rutin mengupdate antivirus kita, karena virus juga selalu berkembang.

•    Hapus File yang Tidak Digunakan

Menyimpan file yang tidak digunakan hanya akan menambah beban komputer. Sebaiknya sortir file atau aplikasi anda, mana saja yang anda perlukan dan mana yang tidak. Hapus video-video atau gambar yang tidak pernah anda lihat lagi, atau tak akan anda lihat lagi. Hapus juga aplikasi yang tidak ada gunakan. Cara melihat semua aplikasi yang anda install di komputer anda adalah: Masuk ke control panel>program and features, di situ akan terlihat semua aplikasi yang anda install, pilih aplikasi yang tidak anda butuhkan dan hapus di sini dengan cara klik kanan>uninstall atau klik kiri 2 kali.

•    Update Device Driver

Selalu lakukan update driver pada deice anda, karena setiap update biasanya akan menutup kekurangan pada driver yang sebelumnya. Apalagi VGA, driver memiliki pengaruh yang cukup signifikan.

•    Perbaiki atau bersihkan registry

Yang satu ini cukup sulit dilakukan secara manual. Saya pun tidak bisa melakukannya. Karena itu, kita sebaiknya menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk membersihkan registry. Kita bisa menggunakan aplikasi seperti CClearner untuk membersihkan registry komputer kita.

•    Defrag Harddisk

Melakukan defragment pada hard disk anda akan membuat kerja hard disk menjadi lebih efisien. Defragment sebernarnya adalah merapihkan data-data yang tercecer dalam hard disk anda. Cara melakukan disk defragment adalah klik start> pada kotak pencarian di start menu, ketikkan disk defragmenter, klik disk defragmenter yang muncul> pilih drive yang ingin anda defram> klik defragment disk.

Itulah beberapa tips cara merawat komputer agar awet dan tahan lama yang dapat saya bagikan. Mudah-mudahan komputer kita semua awet ya. Terima kasih atas kunjungannya.

0 comments:

Post a Comment

Contact Form RzKlik

Name

Email *

Message *

Recent Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive