Teknologi, Komputer, Internet

Monday, October 6, 2014

Jenis-jenis Modem dan Gambar Modem

          Sudah tau semuakan apa itu modem? Bagaimana dengan jenis dan macamnya? Modem itu jenisnya ada bermacam-macam. Semua memiliki fungsi utama yang sama sebagai penghubung ke internet, namun tentu saja ada maksud di balik pembuatan modem dengan berbeda-beda macam. Apa saja jenis-jenis modem itu? Silahkan baca di bawah ini.

Jenis-jenis Modem dan Gambarnya

  • External dan Internal

Zaman saya sekolah dulu, jika membahas tentang macam-macam modem, pasti kata-kata yang keluar adalah modem external dan internal. Hal yang membedakan kedua modem tersebut adalah letak pengaplikasian modem. Modem external dipasang di luar cpu sedangkan modem internal harus dipasang di dalam cpu, di motherboard. Silahkan lihat gambar di bawah ini agar lebih jelas.



  •  Kabel dan Wireless


Modem juga dapat dibedakan berdasarkan cara modem menyalurkan koneksi. Dalam hal ini modem bisa dibedakan menjadi modem kabel dan wireless. Modem kabel, ya seperti namanya, modem ini menggunakan kabel untuk menyalurkan koneksi ke komputer client. Sedangkan wireless atau nirkabel, tidak membutuhkan kabel untuk menyalurkan jaringan internet. Modem wireless sangat lebih efisien dibanding modem kabel, karena penggunaannya tidak dibatasi oleh kabel.
 Gambar modem wireless






  • Modem GSM dan CDMA

Ada pula modem yang disebut modem GSM dan CDMA. Sudah tahukan bedanya GSM dan CDMA? itu adalah sinyal yang disediakan oleh operator. Modem GSM hanya bisa menerima jaringan GSM dan modem CDMA hanya bisa menerima jaringan CDMA.
Modem CDMA


  • Modem analog

Modem analog adalah modem yang menerima jaringan internet analog dan merubahnya menjadi jaringan digital pada komputer kita. Modem ini adalah tipe modem jadul, biasanya penggunaannya melalui jaringan telepon.
Modem analog

Itulah sedikit pembahasan mengenai jenis-jenis modem. Silahkan di share dan comment kalau bermanfaat.

Wassalamualaykum Wr.Wb.






5 comments:

Contact Form RzKlik

Name

Email *

Message *

Recent Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive