Teknologi, Komputer, Internet

Monday, October 6, 2014

Sistem Operasi Linux | Apa itu?

Sistem Operasi Linux

Sistem Operasi Linux

              Pernah melihat gambar penguin di atas? Penguin itu bernama Tux. Tux adalah ikon dari Linux. Linux adalah salah satu dari jajaran sistem operasi komputer. Sudah tahu kan apa itu sistem operasi? Sistem operasi adalah dasar dari pengaplikasian komputer. Tanpa sistem operasi, kita pasti akan sulit sekali mengoperasikan komputer. Sistem operasi lainnya contohnya adalah yang paling banyak digunakan orang saat ini, yaitu windows. Selain itu ada juga sistem operasi android yang banyak digunakan pada smartphone sekarang ini. Contoh sistem operasi lainnya adalah Mac OS, DOS, IoS, dll. Dalam artikel ini, saya akan berfokus pada sistem operasi linux dan berusaha menjabarkan beberapa hal tentang linux.

 Sejarah Singkat Linux

            Linux pertama kali diluncurkan pada 5 oktober 1991 oleh Linus Torvalds. Mungkin dari situlah nama linux berasal. Torvalds mulai membuat sendiri sistem operasi ini pada saat ia menjadi mahasiswa di universitas  helsinki. Linux sebenarnya adalah improvisasi dari sistem operasi yang sudah ada lama sekali, yaitu UNIX.

Keunikan Linux

          Linux adalah sistem operasi yang unik, seperti kebalikan atau musuh dari windows. Linux bersifat open source. Jika kita harus mengeluarkan ratusan ribu untuk dapat mengistall windows yang asli di komputer kita, namun Linux berbeda. Kita hanya tinggal mendownload distro linux yang kita inginkan dan setelah itu kita tinggal menginstalnya pada komputer kita. Selain itu, tidak  seperti windows yang sulit dimodifikasi dan bersifat lebih tertutup, linux bersifat terbuka dan fleksibel kita bisa memodifikasi source code dari linux secara bebas di bawah lisensi linux. Karena itu, banyak programmer atau orang-orang yang suka ngoding yang menggunakan linux sebagai sistem operasi mereka.
         Karena sifatnya yang fleksibel dan terbuka, perkembangan dari sistem operasi linux sangatlah cepat. Sudah banyak sekali ragam jenis dari distro linux yang semuanya memiliki keunikan masing-masing. Salah satu distro linux yang paling banyak digunakan adalah UBUNTU. UBUNTU banyak digunakan karena tampilannya yang elegan dan penggunaannya yang simpel.
         Bagaimana, tertarik untuk mencoba menggunakan linux? Tidak ada salahnya mencoba, toh kita hanya tinggal download di website resminya dan bisa diinstal bersandingan dengan windows. Sekian tulisan saya kali ini. Jangan lupa untuk share dan comment ya.
Wassalamualaykum Wr.Wb.

0 comments:

Post a Comment

Contact Form RzKlik

Name

Email *

Message *

Recent Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive