Teknologi, Komputer, Internet

Monday, October 6, 2014

Cara Install Linux Ubuntu Di PC atau Laptop

      Ingin install linux Ubuntu tapi bingung caranya gimana? nih ane kasih tau gimana cara install linux Ubuntu.
Ada dua metode dalam menginstall linux Ubuntu. Yang pertama adalah menggunakan CD installer dan yang lain adalah dengan menggunakan USB flashdisk. Kita akan membahas keduanya, cuma beda dikit kok.

Cara Install Ubuntu

  •  Pertama, siapkan dulu Installernya, baik dalam bentuk CD ataupun flashdisk.
  • Jika sudah siap, silahkan masukkan CD atau colokkan flashdisknya ke komputer ente.
  • Setelah itu, kita set boot prioritas ke CD atau flashdisk jika kita menggunakan flashdisk. Caranya, masuk ke bios dengan menekan F12, del, atau yang lainnya sesuai dengan komputer ente (kadang tiap komputer berbeda) pada saat komputer baru menyala. Lalu masuk ke menu boot dan set boot pertama ke CD atau flashdisk.
  • Lalu, pilih bahasa dan pilih install ubuntu
    Cara Install Linux Ubuntu
  • Setelah itu, kalau kamu punya koneksi internet, kamu bisa pilih "download update while installing" tapi kemungkinan akan membuat proses instalasi jadi bertambah lama, jadi menurut ane lebih baik gk usah. Tapi kalau pengen ya silahkan. Setelah menentukan pilihan, klik "Continue".
    Cara Install Linux Ubuntu
  • Lalu kamu akan dihadapkan pada pilihan yang akan menentukan hidupmu (halah lebay). Pokonya ada 3 pilihan, pertama "erase disk and install ubuntu" ini kamu pilih kalo kamu mau ngehapus semua data yand ada di harddisk kamu. Lalu ada pilihan "Install ubuntu alongside windows 7" ini kamu pilih kalo kamu mau install ubuntu tanpa menghapus windows atau OS lain yang ada di pc kamu, jadi ada multi OS bro. Pilihan terakhir adalah "something else" pilih ini kalo kamu mau bikin partisi sendiri. silahkan eksperimen.
    Cara Install Linux Ubuntu

  • Selanjutnya tinggal menyesuaikan "user account" isi sesuka kamu, "location" tau dong maksudnya apa, "timezone", "keyboard", dll. Lalu "start installing" dan kita tinggal tunggu proses instalasi selesai.
Mudah-mudahan bermanfaat ya. silahkan dishare ke teman yang ingin tahu cara install linux ubuntu dan jangan lupa komen, terima kasih.
Wassalamualykum Wr.Wb.







0 comments:

Post a Comment

Contact Form RzKlik

Name

Email *

Message *

Recent Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive