Teknologi, Komputer, Internet

Sunday, September 28, 2014

Internet dan Intranet: Penjelasan Mengenai Pengertian dan Perbedaanya

Internet dan Intranet: Penjelasan Mengenai Pengertian dan Perbedaanya
Assalamualaykum Wr.Wb.

 
    Internet adalah sebuah sistem jaringan komputer yang menghubungkan seluruh komputer di dunia melalui internet protocol (TCP/IP). Semua orang di dunia dapat menggunakan internet dengan berbagai perangkat seperti komputer, laptop, smartphone, dll. Pengguna internet dapat berbagi data antara satu komputer dengan lainnya melalui jaringan internet.
    Intranet memiliki konsep yang sama dengan internet dalam menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya. Namun, ada perbedaan mendasar antara internet dan intranet, yaitu jangkauannya. Intranet adalah sebuah jaringan yang tertutup dan dibatasi jaringannya dalam suatu wilayah. Contoh yang paling dekat dengan kita adalah WARNET. Warnet menggunakan jaringan intranet untuk menghubungkan setiap komputer yang ada di dalam warnet sehingga operator warnet bisa dengan mudah mengatur setiap komputer yang ada di warnet dengan menggunakan satu komputer operator saja. Contoh lainnya adalah sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan biasanya menggunakan jaringan intranet untuk menghubungkan seluruh komputer yang ada dalam gedung perusahaan tersebut agar dapat berbagi data dengan cepat.
Internet dan Intranet, dua hal tersebut memiliki konsep yang sama dalam menghubungkan komputer. Namun, kedua hal tersebut sesungguhnya adalah dua hal yang berbeda. Tulisan kali ini akan membahasa mengenai apa itu internet dan intranet dan apa perbedaan keduanya.

    Kesimpulannya, internet adalah jaringan yang menghubungkan komputer di seluruh dunia, sedangkan intranet hanya menghubungkan komputer dalam suatu wilayah jaringan tertentu.

    Demikian penjelasan mengenai perbedaan internet dan intranet. Mudah-mudahan bermanfaat.
Wassalamualaykum Wr.Wb.

0 comments:

Post a Comment

Contact Form RzKlik

Name

Email *

Message *

Recent Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive