Teknologi, Komputer, Internet

Sunday, September 28, 2014

Sejarah Perkembangan Internet di Dunia

Sejarah Perkembangan Internet di Dunia
Assalamualaykum Wr.Wb.
   
     Sejarah perkembangan internet di dunia sudah dimulai sejak awal kemunculan komputer pada tahun 1950an. Konsep awal dari suatu jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya berawal dari beberapa lab komputer di Amerika, Inggris dan Perancis. Pada awal 1960an, badan keamanan Amerika mengembangkan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) jaringan pertama yang menggunakan Internet Protocol (IP). Pesan pertama yang dikirim melalui ARPANET adalah sebuah yang dikirim dari lab komputer Professor Ilmu Komputer Leonard Kleinrock di University of California, Los Angeles (UCLA) ke Stanford Research Institute (SRI).

    Akses ke ARPANET diperluas pada tahun 1981 saat NSF (National Science Foundation) mendirikan CSNET (Computer Science Network). Satu tahun setelah itu, Internet Protocol Suite (TCP/IP) menjadi standar jaringan dan konsep komputer yang terhubung melalui TCP/IP di seluruh dunia yang dikenal sebagai internet pun diperkenalkan.
    Internet dikomersilkan oleh Amerika Serikat pada tahun 1995. Sejak saat itu, internet telah mempengaruhi kehidupan masyarakat di seluruh dunia. Masyarakat menggunakan internet untuk mengirim email, Voice over Internet Protocol (VoIP) dan World Wide Web. Sampai sekarang internet pun masih terus berkembang.
    Itulah sejarah internet di dunia secara singkat. Mudah-mudahan bermanfaat.

Wassalamualaykum Wr.Wb.

0 comments:

Post a Comment

Contact Form RzKlik

Name

Email *

Message *

Recent Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive