Teknologi, Komputer, Internet

Tuesday, September 30, 2014

Pengertian dan Fungsi Flashdisk


Pengertian dan Fungsi Flashdisk

Pengertian dan Fungsi Flashdisk
  Semua tau flash disk kan? Itu loh yang kotak kecil suka dicolok ke pc atau laptop. Hari gini semua orang pasti minimal pernah denger walaupun gk punya, ibu-ibu, bapak-bapak, nenek-nenek (mungkin), pasti tau flash disk itu yang seperti apa. Jadi apakah flash disk itu? Artikel ini akan membahas mengenai flash disk dan juga fungsinya. Mari kita simak.
                Flash disk atau USB flash drive adalah sebuah media penyimpanan data sebuah komputer. Kita bisa menyimpan data dan juga menghapus data pada sebuah flashdisk dengan bebas. Flash disk dapat disambungkan ke komputer dengan cara mencolokkannya ke dalam port serial USB. Ukuran flash disk yang kecil membuatnya menjadi media penyimpanan data yang efisien. Kapasitas dari flash disk juga beragam, dari mulai 128 MB (jadul men) hingga saat ini sudah ada flashdisk dengan kapasitas mencapai 1 TB.
                Sebelum ada flash disk orang pada zaman dahulu (gk terlalu dahulu sih, sekitar tahun 2000an) menggunakan floppy disk atau yang biasa dikenal sebagai disket sebagai media penyimpanan data. Disket memiliki bentuk yang lebih besar dibanding flash disk. Kapasitas dari disket pun sangat kecil, hanya beberapa MB (lupa euy). Saya sendiri pernah menggunakan disket ini pada zaman SMP dulu. Namun sekarang, sudah tidak adalagi orang yang menggunakan disket. Port untuk disket pun sudah tidak ditemukan lagi di dalam pc atau laptop.
                Sedikit menyinggung tentang sejarah flash disk. Flash disk ditemukan oleh Amir Ban, Dov Moran, dan Oron Ogdan yang dipatenkan pada bulan April tahun 1999. Namun, produk yang dipatenkan pada saat itu digambarkan memiliki kabel yang menghubungkan memory dan USB connector. Pada bulan september di tahun yang sama, Shimon Shmueli berhasil mematenkan apa yang kita kenal dengan flash disk saat ini. Kemudian IBM mengenalkan produk tersebut kepada publik dan Shimon Shmueli disebut sebagai orang yang menemukan USB Flash Drive. Pada tahun 2000 IBM mulai menjual flash disk pertama dan sejak saat itu, flash disk menjadi salah satu media penyimpanan yang paling banyak digunakan
Itulah penjelasan mengenai pengertian flash disk dan fungsinya. Silahkan di komen jika ada yang ingin disampaikan.

0 comments:

Post a Comment

Contact Form RzKlik

Name

Email *

Message *

Recent Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive