Teknologi, Komputer, Internet

Tuesday, October 7, 2014

Perbedaan Windows dan Linux














      Windows dan linux adalah dua sistem operasi yang digunakan dibanyak platform, tidak seperti Mac OS yang hanya digunakan pada macbook dan sejenisnya. Windows dan Linux bagaikan dua rival. Linux seperti melakukan perlawanan dengan melakukan hal-hal yang mungkin dihindari oleh windows. Apa saja perbedaan dari windows dan linux? Mari kita bahas.

Perbedaan Windows dan Linux Dalam Beberapa Faktor

 Harga

    Harga dari sebuah Windows original berkisar ratusan ribu rupiah, mungkin itulah yang menyebabkan orang banyak yang menggunakan versi haramnya.  Bagaimana dengan linux? Berapa kira-kira biaya yang harus kita keluarkan? Jawabannya adalah nol. Kita tidak perlu membayar sepeser pun untuk dapat menggunakan linux. Kita hanya perlu mendownload linux dan install di komputer kita, maka kita pun dapat menggunakannya secara bebas. Bahkan beberapa tahun lalu, kita bisa memesan DVD installer linux dari belanda (kalo gk salah) dan kita hanya perlu membayar biaya pengiriman.

Perkembangan

      Perbedaan lainnya terletak pada pengembangannya. Windows bersifat tertutup dan hanya dikembangkan secara resmi dan legal oleh pihak microsoft. Sedangkan linux bersifat terbuka. Linux dikembangkan oleh penggunanya sendiri. Para pengguna biasanya berbagi kode-kode dan fitur melalui forum-forum linux di dunia maya.

 Permasalahan dan keamanan

     Windows saat ini masih lebih banyak digunakan dibanding linux. Karena itu, windows lebih cenderung menjadi sasaran para hacker, spammer dan virus. Pengguna windows juga sering mengalami masalah seperti BSoD (Blue Screen of Deeath) yang diakibatkan oleh banyak hal. Sedangkan linux lebih aman dan stabil. Setiap ada permasalahan baru yang timbul pada linux, para penggunanya langsung berdiskusi melalui forum-forum di dunia maya, sehingga masalah cepat terselesaikan. Selain itu, linux juga tidak mengenal istilah BSoD.

 Gaming

     Game yang dapat dimainkan di linux sangat sedikit jika dibandingkan dengan windows. Saya rasa, semua game-game besar yang diluncurkan untuk PC, yang menjadi target utamanya adalah pengguna windows. Ini juga dikarenakan pengguna windows yang jauh lebih banyak dibanding linux. Jadi, jika anda seorang gamer, saya rasa anda lebih baik menggunakan windows.

 Penggunaan

   Dalam hal penggunaan, secara pribadi saya katakan windows lebih mudah digunakan dan lebih user-friendly. Setiap muncul windows baru, tidak butuh waktu lama untuk bisa terbiasa menggunakannya, entah karena perkembangannya yang sedikit atau karena memang didesain seperti itu. Tapi yang jelas, karena windows yang diajarkan di sekolah-sekolah, tentu saja orang akan lebih familiar terhadap windows dibanding linux.
Nah itulah beberapa perbedaan windows dan linux. Mau menggunakan yang mana? Semuanya terserah anda, toh keduanya baik.
Wassalamualaykum Wr.Wb.      

0 comments:

Post a Comment

Contact Form RzKlik

Name

Email *

Message *

Recent Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive