Teknologi, Komputer, Internet

Tuesday, October 7, 2014

Macam-macam Linux

Macam-macam Distro Linux


Linux adalah sistem operasi yang bersifat freeware dan juga open-source. Karena itu, linux sangat mudah berkembang. Alhasil, banyak sekali varian dari sistem operasi ini yang beredar. Apa saja varian dari distro linux? Silahkan lihat catatannya di bawah ini.
  • Ubuntu 

macam-macam linux-ubuntu

Salah satu distro linux yang paling banyak digunakan. Tampilannya yang simpel dan elegan, penggunaan yang mudah, membuatnya banyak disukai oleh banyak orang. Varian dari Ubuntu ini sendiri sebenarnya ada beragam, ada Kubuntu, Edubuntu, Ubuntu touch, Ubuntu TV, dll.






  •    SteamOS


macam-macam linux-steamosGamer pasti tau nih, tapi tau gak, kalo SteamOS itu salah satu dari distro linux juga. Valve mendesain aplikasi ini khusus untuk mendukung game-game yang didistribusikan melalui steam.








  • Puppy

macam-macam linux-puppyPuppy adalah distro linux yang berukuran kecil. Hanya beberapa puluh MB saja. Memang tak banyak yang bisa dilakukan dalam OS ini jika kita tak pahan source-code. Namun, distro ini sangat berguna untuk saya. Saya menggunakan aplikasi ini sebagai “alat keselamatan”. Jika suatu saat windows yang saya gunakan error atau ada sesuatu yang menjadikannya tidak dapat diakses, saya masih bisa mengakses file-file saya melalui distro ini. Sangat berguna bukan?
  •    Linux Mint

macam-macam linux-mintLinux mint ini adalah saingan dari ubuntu. Tampilannya yang user-friendly membuatnya banyak diminati seperti Ubuntu.










Masih sangat banyak lagi varian dari distro linux yang ada, mungkin ada seratusan. Karena itu, saya tidak bisa membahasnya satu per satu.
Wassalamualaykum Wr.Wb.

0 comments:

Post a Comment

Contact Form RzKlik

Name

Email *

Message *

Recent Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive